Pages

Sabtu, 12 Januari 2013

Kita vs Korupsi




Film ini dirilis Januari 2012, kerjasama bareng KPK juga. Film ini terdiri dari empat judul yang bercerita mengenai macam-macam praktek korupsi yang terjadi dalam masyarakat kita.

Rumah Perkara

Seorang lurah yang setuju menjual tanah-tanah di desanya kepada seorang kontraktor. Banyak dari warga daerah itu yang pindah karena tanahnya sudah dibeli. Namun ada satu orang warganya, seorang janda, yang tidak mau tanahnya dibeli. Pak lurah pun berusaha agar janda itu mau menjual tanahnya. Apa yang dilakukan pak lurah sebenarnya ditentang istrinya karena itu bertentangan dengan janjinya sebagai seorang lurah. Pak lurah pun mengingat kembali janji-janjinya waktu mencalonkan diri menjadi lurah yaitu membawa kemakmuran untuk warganya.

*hayo yang jadi lurah ingat janji yaaaa…

lurah dengan pihak kontraktor

pak lurah lagi ngebujuk

rumah janda dibakar

pak lurah inget janji-janjinya


Aku Padamu

Dibintangi Nicholas Saputra dan Revalina S Temat. Nicho dan Reva adalah sepasang kekasih. Mereka ingin menikah diluar sepengetahuan keluarga mereka. Namun tanpa kartu keluarga mereka tidak bisa mendaftar. Nicho pun berencana menggunakan jasa calo namun Reva menolak. Reva ingat bahwa waktu SD gurunya tidak mendapat SK sebagai guru tetap karena tidak mau membayar pihak dinas. Dan pihak dinas itu adalah ayah Reva. Lalu sang guru bekerja sebagai badut untuk bertahan hidup. Sikap jujur gurunya itulah yang membekas dihati Reva. Mereka pun tidak jadi menikah dengan jasa calo.

*Ini ni cerita yang paling aku suka. Pastinya karna pemain prianya dunk. Kekeke. Kalimat yang aku suka dari Reva, ‘kamu adalah cerminan keluargamu’. Dan kalimat terakhirnya Nicho cetar banget, ‘if you wanna do right thing, lets do it right way’ ^^

lari dari rumah

nego ma calo

if you wanna do right thing, lets do it right way

Selamat Siang Risa

Tora Sudiro berusah untuk hidup jujur walopun teman-teman kantornya melakukan sebaliknya. Hidup dengan keterbatasan tidak menggoyahkan Tora untuk mendapatkan uang dengan cara tidak jujur. Uang sogokan pun ditolaknya. Risa adalah anak dari Tora. Setelah dewasa Risa menjadi seorang kabag perijinan. Ada seseorang yang memberinya uang pelican namun Risa menolaknya.

*anak cerminan orang tua. Gtu kali maksudnya.

Tora disogok tapi ditolak

kekurangan tapi tetap jujur
Psss…Jangan Bilang Siapa-Siapa

Mengenai praktek korupsi di lingkungan sekolah. Seorang guru yang mengharuskan muridnya membeli buku dari nya. Namun harga buku itu lebih mahal daripada yang dijual di toko. Ternyata itu ulah dari kepala sekolah. Dan tentu saja guru itu mendapatkan keuntungan. Seorang murid (Eci) yang menjadi ‘koordinator’ penjualan buku terhadap teman-temannya pun mendapat sebagian dari penjualan buku itu. Ternyata ortu Eci pun seperti itu. Ibunya meminta uang pada ayahnya dengan jumlah yang tidak seharusnya. Ayah Eci pun melakukan mark up dikantornya.

*wooo…pada matre ni..

Eci lagi setor
Eci dapat fee
Ibu minta uang lebih dari seharusnya

Ayahnya mark up dikantor


2 komentar:

  1. Apaaaaa?
    Tumben pmbahasan filmx berat.tp emang dah lama y qta g bhs politik.
    Kekeke
    Aku mw nonton yg reva,coz aktingx makin bgs.
    Overall,ni film bgs.contoh2 kecil yg d khidupan shri2 trnyta trmasuk KKN.

    BalasHapus
  2. soalnya pendek dan gampang bkin capture nya. kekeke

    BalasHapus