Pages

Kamis, 05 Juli 2012

Pelatihan Yuuuk…


Refreshing di kala banyak kerjaan? Perlu memang. Tapi ‘piknik’ disaat kerjaan numpuk bukan keputusan yang bijak kan? Hmm…tapi kalo pikniknya disuruh kantor pusat? Ayuk aja… ^^

Jadi critanya disaat tensi kerja tinggi, deket ma jadwal audit tengah tahunan pula, kantor pusat ngajak refreshing. Ada tiga kegiatan yang dilakukan. Tapi sampe tulisan ini di buat baru dua kegiatan yang dilakukan.

Kegiatan pertama diajak piknik. Piknik atas nama studi banding. Yup…gak kalah ma anggota Dewan kan. Kemana? Deket aja, timur candi Prambanan. Kami studi banding ke PT Sari Husada, ato lebih dikenal dengan pabriknya susu SGM.


Studi banding tentang apanya? SAP, System application and Product. Makanan apa lagi ni?? Makanan sehari-hari ku di kantor, itu gampangnya. Susahnya (baca: arti secara benar) cari sendiri ya. hehehe. Intinya SAP itu suatu system yang mengorganisasikan operasional pekerjaan. SAP terdiri dari sejumlah modul aplikasi yang berkemampuan mendukung transaksi dalam suatu perusahaan.

Oiya ada sedikit plesetan. Karna SAP susah diaplikasikan di awal-awal karna masih baru dan para sumber daya manusianya belum mengerti benar, banyak senior yang mengartikan SAP adalah kepanjangan dari Setan Aja Pusing. Kekeke. Saking bingungnya mereka dulu kali ya.

Tempat kerja ku menggunakan SAP untuk bagian Keuangan dan Rumah Tangga. Modul yang bagian Keuangan pake adalah SAP Finance Accounting (FI), yang Rumah Tangga pake Material Management. Di PT Sari Husada menggunakan SAP tidak hanya di dua jenis bagian itu. Ada modul sales distribution, quality management dan lain-lain.

Karna Sari Husada merupakan perusahaan manufaktur jadi prosesnya lebih ribet. Agak aneh juga awal nya dirasa, kan kantor ku perusahaan jasa, kok studi banding ke perusahaan manufaktur? Yowes gak apa-apa, diambil bagusnya aja.

Oiya, rempong dah kunjungan kesana. Kenapa? Prosedurnya itu lho. Jadi pas kami datang temen ku masuk duluan buat dapet surat ijin masuk. Setelah nunggu beberapa menit barulah temen ku keluar dan nyuruh bus yang kami tumpangi masuk. Bukannya udah janjian ya? Tapi emang prosedurnya begitu, security procedure. Terus pas udah di dalam area pabrik disuruh jalan dengan tidak keluar dari jalur kuning. Jadi di bagian pinggir itu ada garis kuning. Orang yang jalan di area pabrik harus nurut ma tu jalur. Mo nyembrang juga harus lewat zebra cross.

Kunjungannya gak lama, paling sejam lebih dikit. Dengerin ‘ceramah’ si ahli SAP nya sono. Abis tu kunjungan diakhiri dengan sesi foto bersama. Kekeke. Yang ini aku ikut sekali, selanjutnya gak ikut, males berpanas-panas ria. ^^

Terus yang paling menyenangkan ya kunjungan selanjutnya. Kemana? Tempat makan laaaaaa. Laper berat ni, walopun tadi udah diganjel snack. Terus kemana lagi?? Pulang ke kantor tercinta…

Hari kedua. Yang kedua ni udah bukan jalan-jalan lagi. Tapi mainan games, duduk manis di depan komputer. Asyik ya pelatihan tapi isinya maen games. Mbok ya dari dulu kalo pelatihan maen-maen gini. Gak yang serius mulu. *maunya.

Jadi ceritanya kami maenan pake program SAP juga. Tapi lebih ke modul Material Management. Udah gitu games nya jualan air mineral. Jadi games ini tu permainan simulasi keputusan bisnis. Mulai dari kulakan, pemasaran sampai penentuan harga jual. Nah yang kami jual critanya air mineral dengan tiga rasa. Harga beli dari supplier udah pasti dan tidak berubah-ubah. Mau beli sekarang ato nanti harganya tetep segitu. Terus harga jual juga bisa dimainkan. Terserah mo harga tinggi ato rendah yang penting hasil akhir (baca: untung yang di dapat) banyak. Yang penting bukan banyaknya produk yang terjual tapi untung yang diraih di akhir permainan.

Dan hasilnya? Ada 13 tim yang bertanding. Games pertama ada tiga quarter. Nah quarter satu ma tiga tim ku menang. Horeeeeeeeee. Jualan kami laris dan untungnya paling tinggi daripada tim lain. Tapi di games kedua, tim kami kalah. Yaaaaaaaaahhh….

Jadi satu tim ada empat personel. Satu bagian pembelian (beli barang dari supplier). Jadi kalo stok habis, temenku tu yang order. Tau dari mana barang habis? Ada temenku bagian gudang. Jadi kerjaannya cuma ngecek barang di gudang masih apa gak. Kalo berkurang artinya barang terjual. Kalo habis ya minta di-order-in. Kalo gak berkurang? Mungkin harga kemahalan ato kurang promosi.

Bagian yang seru tu bagian penjualan. Kerjaannya naik turunin harga. Kalo laku harga dinaikin, kalo gak laku ya diturunin. Sekate-kate emang pasang harganya. Hehehe. Terus bagian yang gampang bagian ku, bagian pemasaran. Kekeke. Kerjaannya cuma mainin angka di kolom pemasaran. Kalo udah laku gak usah dipromosiin, ngabis-ngabisin dana aja. Tapi kalo gak laku ya dipromosiin.

Seruuuuuuu…….,,kayak pasar beneran. Ribuuuuut semua orang di satu ruangan itu. Sampe kata trainer nya “saya sudah mengajar games ini diberbagai tempat, tapi tempat ini yang the most heboh”. Wkwkwkwk.

Setelah seru-seruan maen games selanjutnya apa? Harusnya pulang, tapi sama si bos disuruh mampir kantor buat ambil kerjaan yang mesti ane kerjain di rumah? What??!! Tapi emang itu konsekuensi refreshing disaat kerjaan numpuk. Hmm..baiklaaaa. Gak tiap hari juga bawa kerjaan pulang. 

sumber gambar: Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar